Cari MH370, TNI Kirim Dua Kapal ke Samudra Hindia

Diposting oleh Fakk Yeah on Kamis, 27 Maret 2014
Cari MH370, TNI Kirim Dua Kapal ke Samudra Hindia
Grafik ini menunjukkan perkembangan kabar pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dari saat lokasi kontak terakhir (1), terpantau radar militer (2), sinyal satelit (3), penangkapan dua benda diduga puing pesawat oleh satelit Australia pada 20 Maret (4), dan penemuan terakhir oleh satelit China (5). Straittimes.com

TEMPO.CO, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan TNI tetap ikut membantu pencarian pesawat komersial Malaysia Airlines MH370 setelah pemerintah Malaysia menyatakan pesawat tersebut jatuh di bagian selatan Samudra Hindia di lepas pantai Perth, Australia. Moeldoko menyatakan dimintai bantuan langsung dari Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia, Tan Sri Zulkifli.

"Kemarin Beliau telepon saya, minta TNI kirim kapal ke koridor selatan Samudra Hindia," kata Moeldoko kepada wartawan di kantor Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu, 26 Maret 2014.

TNI, menurut Moeldoko, mengerahkan dua kapal perang untuk menyisir Samudra Hindia. Kapal yang dikirim yakni satu unit kapal perang jenis fregat dan satu kapal perang perusak.

Namun kedua kapal perang tersebut hanya menyisir kawasan Samudra Hindia yang berdekatan dengan wilayah perairan Indonesia. TNI tak ikut mencari sampai di lokasi citra satelit puing-puing pesawat diduga ditemukan.

"Jaraknya jauh sekali, mencapai lima ribu kilometer, jadi kami sesuaikan permintaan Malaysia saja," katanya. (Baca: Apa Dasar PM Najib Sebut Seluruh Penumpang MH370 Tewas? )

Saat ditanyai ihwal pantauan radar TNI AU ketika pesawat MH370 melintas hingga ke selatan Samudra Hindia, Moeldoko menyatakan bahwa dia pesimistis. Sebab, menurut dia, tak semua wilayah bisa dijangkau pantauan radar udara milik TNI AU.

Terlebih, belum ada kepastian perihal rute yang dilewati pesawat hingga jatuh di selatan Samudra Hindia. "Kalau dilihat di televisi seolah-olah itu garis lurus (melewati wilayah Indonesia), tapi kami tak tahu itu pesawat lewat mana," kata Moeldoko.

Hingga kemarin, upaya mencari puing-puing pesawat nahas itu di perairan Samudra Hindia, sekitar 1.500 mil barat daya Perth, Australia, belum membuahkan hasil. Keluarga para penumpang tetap menuntut Malaysia Airlines memberikan bukti bahwa MH370 telah jatuh dan tenggelam.

Di lain pihak, pemerintah Malaysia telah resmi mengumumkan pesawat nahas itu jatuh di Samudra Hindia selatan. Pemerintah Malaysia yakin tak seorang pun selamat dalam tragedi ini. Penyebab kecelakaan ini masih misterius.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
Indonesia Experiment - SEO Friendly Blogger Template Design by Velix